Langsung ke konten utama

Solusi Bangunan Bocor Memakai Waterproofing Dan Injeksi Beton

Solusi Bangunan Bocor

Kali ini admin membuat niche baru lagi untuk mengisi blog kesayangan kita semua. Yaitu tentang waterproofing untuk memberikan solusi bangunan bocor yang kerap menghantui saat musim hujan tiba.

Pengertian 
Waterproofing adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk membuat sebuah objek menjadi tahan atau kedap terhadap air.

Waterproofing sangat banyak digunakan oleh pemilik gedung, apartemen, area gedung perkantoran, Gudang dan pabrik serta rumah tinggal. Tujuannya adalah agar bangunan terbebas dari masalah bocor. Baik itu di musim hujan ataupun penyebab kebocoran lainnya.

Jenis-jenis waterproofing 

Waterproofing dibagi dalam beberapa jenis dan dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan bangunan. Jenis waterproofing yang sering digunakan adalah sebagai berikut : waterproofing coating, membrane, spray dan integral.

Waterproofing membrane dibagi kedalam dua jenis yaitu membrane bakar dan membrane cair. Perbedaan keduanya dilihat dari jenis materialnya.

Membrane bakar
Waterproofing membrane bakar berupa lembaran yang berbahan dasar aspal dan pasir silika. Sedangkan membrane cair berbahan dasar aspal tetapi masih dalam bentuk cair.

Membrane bakar adalah waterproofing dalam bentuk lembaran dengan panjang 10 m¹ dan lebar 1 m¹ dan berbahan dasar aspal. Cara aplikasinya pun sesuai dengan namanya, yaitu dengan cara dibakar memakai torching

Membrane Cair
Membrane cair adalah salah satu jenis waterproofing yang diaplikasikan dengan kuas ataupun slaber karet. Membrane cair berbahan dasar aspal.

Waterproofing Coating sebagai solusi bangunan bocor

Waterproofing coating adalah salah satu jenis pelapis anti bocor yang di aplikasikan dengan cara di kuas ataupun memakai roller. Waterproofing coating dibagi dalam 2 jenis yaitu coating xposed dan non exposed.


Coating exposed
Waterproofing coating exposed adalah waterproofing yang bisa diaplikasikan tanpa memerlukan lapisan proteksi untuk melindungi waterproofing dari sinar matahari. Dengan kata lain, waterproofing jenis ini sudah memiliki ketahanan terhadap sinar ultraviolet atau sinar matahari.

Coating Non exposed
Waterproofing coating non exposed adalah waterproofing coating yang memerlukan lapisan proteksi agar terhindar dari sinar matahari atau sinar ultraviolet. Waterproofing coating jenis ini harus di screed untuk melindungi lapisan waterproof dari sinar matahari.

Waterproofing Spray
Waterproofing Spray adalah waterproofing yang diaplikasikan dengan cara disemprot. Waterproofing jenis ini banyak diaplikasikan pada dinding basement.

Solusi Bangunan Bocor dengan Integral 

Integral adalah proses pembuatan beton kedap air dengan cara mencampurkan bahan kimia pada beton yang masih segar. Banyak keuntungan dari jenis waterproof ini.

Aplikasi yang tergolong mudah dan dapat meningkatkan mutu beton menjadi lebih baik. Bukan itu saja, ada beberapa jenis material dapat merubah slump beton sehingga dapat mempermudah pengaplikasian beton di lapangan.

Waterstop
Waterstop adalah salah satu jenis waterproofing yang diaplikasikan pada setiap sambungan beton dengan tujuan memberhentikan atau mengantisipasi air yang mengalir pada celah sambungan.

Pemasangan waterstop biasanya satu paket dengan pekerjaan integral waterproofing. Kedua jenis waterproof ini saling mendukung agar lebih maksimal.

Ada dua jenis waterstop yang banyak dipakai saat ini yaitu swellable waterstop dan waterstop PVC. Perbedaan dari jenis material yang dipakai. Dari segi harga, swellable waterstop lebih ekonomis dari waterstop PVC.

Cara Perbaikan Bangunan Bocor

Beton bocor adalah salah satu masalah bangunan yang banyak terjadi. Baik pada bangunan yang tidak di aplikasi waterproofing ataupun bangunan yang sudah di aplikasi waterproofing tetapi mengalami kegagalan saat aplikasi ataupun kerusakan waterproofing karena faktor usia.

Perbaikan beton juga banyak terjadi karena kerusakan bangunan yang disebabkan kesalahan struktur ataupun disebabkan kerusakan lainnya.

Adapun metode perbaikan kerusakan beton sangat beragam sesuai dengan kondisi beton. Berikut ini beberapa metode perbaikan kerusakan beton.

Injeksi Beton bocor

Injeksi beton atau suntik beton adalah metode perbaikan kerusakan beton dengan memasukkan sejumlah material melalui nepel untuk mengisi rongga kosong pada beton. Metode ini banyak digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada beton yang menyebabkan kebocoran dan kerusakan beton struktur.

Ada 3 jenis injeksi yang dapat dilakukan sesuai tipe kerusakan beton.

Injeksi Semen
Injeksi semen adalah jenis perbaikan beton bocor dengan memasukkan campuran semen dan bahan pengeras dalam bentuk pasta ke dalam rongga beton yang menyebabkan masalah bocor. Injeksi jenis ini banyak digunakan untuk memperbaiki kerusakan beton yang menyebabkan bocor dan biasanya terdapat rongga yang lumayan besar. Area beton yang keropos dan sambungan beton sangat cocok menggunakan metode ini.

Injeksi epoxy
Injeksi epoxy adalah injeksi yang berbahan dasar epoxy. Metode injeksi ini banyak digunakan pada area beton retak struktur. Dengan bahan dasar yang kuat, injeksi ini mampu merekatkan kembali area beton yang retak dan material mampu masuk ke dalam celah beton yang kecil sekalipun.

Biasanya injeksi ini dilakukan pada area retak lantai pabrik, dinding basement, area balokan dan bagian struktur beton lainnya.

Injeksi PU
Injeksi PU merupakan injeksi yang berbahan dasar Polyurethane. Injeksi ini banyak digunakan untuk memperbaiki area kebocoran. Dengan sistem pekerjaan yang simple, injeksi ini banyak digunakan pada proyek yang di kejar schedule.

Keuntungan penggunaan injeksi ini adalah tidak memerlukan pembobokan pada area yang bocor. Cukup menggunakan bor untuk memasang nepel dan tidak memerlukan bahan tambahan sebagai perekat nepel karena neple sudah dirancang khusus untuk dapat dilakukan penyuntikan material langsung saat selesai memasang nepel.

Grouting

Merupakan cara memperbaiki kerusakan beton dengan cara mengisi area kerusakan dengan material semen khusus sesuai kebutuhan. Grouting banyak digunakan untuk memperbaiki beton keropos, perkuatan struktur dan penebalan beton.

Patching

Adalah metode perbaikan beton dengan semen khusus pada area keropos yang tidak merusak struktur bangunan. Biasanya keropos yang diperbaiki dengan cara ini relatif kecil.

Penebalan Lantai

Adalah metode perbaikan lantai dengan cara menuangkan material semen khusus dan bermutu tinggi. Metode perbaikan ini banyak dilakukan pada area lantai basement dan area pergudangan.

Metode ini digunakan untuk memperbaiki kerusakan lantai karena sudah berumur atau untuk memperbaiki level lantai agar menjadi lebih rata. Biasanya pekerjaan ini dilakukan pada area yang akan di aplikasi epoxy lantai.

Area Bangunan yang direkomendasikan aplikasi Pelapis Anti bocor

Pekerjaan waterproofing dapat dilakukan pada area yang berhubungan dengan air. Misalnya area atap dak, basement, canopy, balkon, toilet, kolam renang dan dinding bangunan.

Penggunaan jenis waterproofing sesuai dengan kebutuhan dan area yang akan di pasang pelapis anti bocor. Sebaiknya konsultasikan dengan pihak yang ahli dalam bidang ini sebelum menentukan jenis material yang akan dipakai.

Pekerjaan pendukung solusi bangunan bocor

Selain waterproofing, ada baiknya kita mengetahui jenis pekerjaan yang biasanya berada dalam satu ruang lingkup dengan waterproofing. Jenis pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam bidang waterproofing.

Berikut ini jenis pekerjaan yang sering masuk dalam cakupan perusahaan yang bergerak dalam bidang waterproofing.

Floor Hardener Dan finishing lantai

Floor Hardener adalah pekerjaan penambahan material pada permukaan beton dengan semen khusus yang bermutu tinggi dengan tujuan agar permukaan lantai menjadi lebih kuat dan rata. Pekerjaan ini dilakukan pada saat beton masih basah.

Ada dua jenis floor hardener yaitu floor hardener natural dan berwarna.

Floor Hardener natural tidak merubah tampilan beton. Sedang yang berwarna akan merubah tampilan sesuai dengan warna yang diinginkan.

Epoxy Lantai

Epoxy lantai adalah pekerjaan pengecatan lantai dengan material cat khusus yang kuat dan dirancang sesuai dengan kebutuhan.

Epoxy lantai sangat beragam dan banyak dilakukan pada area pergudangan, kitchen, ruang produksi, mall, rumah sakit, dan area lainnya yang membutuhkan tingkat kebersihan tinggi. Kelebihan epoxy lantai adalah lantai tampak menjadi lebih rapi dan bersih tanpa sambungan.

Penutup

Sebagai akhir dari pembahasan ini, Admin merekomendasikan Aplikator waterproofing terbaik tahun 2020 dan sudah berpengalaman di bidangnya. Silahkan kunjungi CV Indonitro


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waterproofing atap dak beton terbaik untuk mencegah bangunan bocor | 100 % berhasil

Waterproofing atap dak beton dapat dilakukan dengan berbagai jenis waterproofing, Salah satunya adalah membrane bakar. Jenis pelapis anti bocor ini sangat banyak di pakai karena tingkat keberhasilannya yang tinggi. Salah satu bagian bangunan yang sering mengalami masalah bocor adalah bagian atap dak karena bagian ini menjadi sebagai area pelindung bangunan saat musim hujan. Selain itu, biasanya area atap dak dijadikan sebagai tempat jemuran, kolam renang ataupun taman. Keadaan seperti ini membuat atap dak beton membutuhkan lapisan waterproofing yang lebih kuat. Untuk itulah artikel ini saya buat agar anda dapat menentukan  jenis waterproofing  atap dak beton yang terbaik untuk melindungi bangunan dari masalah bocor. Mengingat pentingnya perlindungan bangunan dari masalah bocor terutama di bagian atap dak, maka saya akan membahas Solusi terbaik untuk atap dak beton dengan jenis pelapis anti bocor yang teapt. Perlu diingat, salah dalam menentukan jenis waterproof dapat membuat material t

Kenali Jenis Injeksi Beton dan Fungsinya

Jenis Injeksi Beton | BuckBigg Ketika bangunan mulai mengalami kerusakan, entah itu retak atau bocor, umumnya kontraktor Waterproofing akan menyarankan langkah perbaikan berupa injeksi beton. Injeksi beton dianggap sebagai solusi terbaik, karena bisa diaplikasikan pada struktur bangunan yang lembab akibat penetrasi air maupun yang bebas atau kedap air. Meski memang, terdapat perbedaan dari segi bahan material yang harus digunakan. Proses injeksi beton ini sendiri yakni dengan menyuntikkan adukan material ke sela-sela retakan sehingga struktur beton yang kosong akan terisi kembali. Sebenarnya poin ini adalah fungsi injeksi beton yang paling utama.  Namun ada perbedaan material injeksi beton yang digunakan. Misalnya pemakaian epoxy resin pada pekerjaan injeksi epoxy . Material ini mampu masuk kedalam retakan beton yang kecil. Dengan terisinya celah retak diharapkan beton akan menjadi merekat kembali dan kekuatan beton dapat berfungsi seperti sedia kala. Begitu juga dengan injeksi semen.

Pentingnya Test Rendam Waterproofing Saat pekerjaan Pasang Lapisan anti bocor

Pentingnya Test Rendam Waterproofing Saat pekerjaan Pasang Lapisan anti bocor Pekerjaan waterproofing memiliki beberapa tahap baru dapat dinyatakan selesai. Tahapan akhir dari pekerjaan waterproofing adalah test rendam. Jika tidak terdapat ada area yang bocor, maka pekerjaan ini sudah dianggap selesai. Proses selanjutnya adalah melakukan screed atau pemasangan pelindung waterproofing. Tahapan ini berlaku hampir untuk semua jenis waterproofing, termasuk juga membrane bakar. Seperti pembahasan kita kali ini, yaitu bagaimana cara pengecekan test rendam waterproofing membrane bakar.  Proses perendaman membrane bakar juga harus dilakukan dengan benar agar proses pengetesan ini berjalan dengan lancar. Tahapan test rendam waterproofing membrane bakar Saat ingin membuktikan bahwa pekerjaan membrane bakar telah dinyatakan selesai, maka dilakukan pengetesan kualitas pekerjaan dengan cara menggenangkan air diatas membrane bakar. Proses ini disebut test rendam. Persiapan sebelum melakukan test re